Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan cara login Mengisi Aplikasi Raport Digital, Tahapan pengisiannya serta Username dan Passwordnya



Kementerian Agama hadir untuk menjadi pengawal pendidikan Islam di Indonesia. Melihat amat pentingnya tugas itu, maka tugas Kementerian Agama khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam antara lain adalah mengayomi Madrasah yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu. Pada masa kekinian, kita menghadapi zaman internet yang semakin global. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sangst terbuka dalam menghadapi generasi digital. Tuntutan publik terhadap mutu pendidikan semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Merespons tuntutan tersebut Kementerian Agama melalui Ditjen. Pendidikan Islam meluncurkan Aplikasi Rapor Digital, yang diperuntukan bagi Madrasah diseluruh Indonesia.
Dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD), Madrasah harus semakin maju dan terbuka terhadap dunia internet dan digital. Kecepatan penyebaran informasi terutama bagi siswa Madrasah, untuk mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting.

ARD ditujukan untuk untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. Di sisi lain, ARD merupakan langkah dalam inovasi agar lembaga Madrasah semakin kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Sehingga kedepan Penilaian Hasil Belajar yang tertuang dalam ARD sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi, serta Madrasah kedepan turut serta dalam pelaksanaan e-Government, dan Clean Government.
Cara masuk Aplikasi Raport Digital, adalah sebagai berikut :

Klik link http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ nanti akan muncul beberapa tampilan dari jenjang mulai dari tingkat RA, MI, MTs dan MA.

Setelah itu klik jenjang yang akan dituju yang sesuai dengan jenjang madrasah kita
Atau klik ling langsung ke jenjang yang kita inginkan :

Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang RA http://dev.sw.argociptapersada.com/rapor/
Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang MI  http://159.89.195.36/rapor-mi/
Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang MTs  http://159.89.195.36/rapor-mts/
Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang MA  http://159.89.195.36/rapor-ma/

Username isi username dengan Nomor Statistik Madrasah ( NSM )
Password isi Password dengan pengguna

Akan muncul tampilan menu Aplikasi Raport Digital nah disini kita memerlukan data-data baik guru maupun siswa untuk diisi

Setelah masuk beranda kita Klik konfigurasi
Disini data yang harus di isi adalah data madrasah, mata pelajaran, muatan local, ekstrakurikuler, guru, siswa dan rombongan belajar.

Klik bagian madrasah operator di haruskan untuk mengisi logo madrasah, jenjang RA, MI, MTs atau MA, NSM, NPSN, NSS, Kata Sandi, Nama Madrasah, Akreditasi, Pemilik dan Status Madrasah

Klik Mata Pelajarn
Di bagian mata pelajaran kita tinggal singkron saja

Klik Muatan Lokal
Di sini operator mengisi muatan local yang di ampu di madrasahnya

Klik Ekstrakurikuler
Disini operator mengisi ekstrakurikuler yang dijalankan di sekolahnya beserta pembinanya

Klik guru
Data guru bias di isi secara manual maupun dalam format Excel, untuk format Excel dapat di unduh disini

Klik Siswa
Data siswa juga sama seperti data gru bias di isi secara manual bias juga dengan format Excel, untuk format Excel dapat di unduh disini

Klik Rombongan belajar
Kita tinggal menambahkan rombongan belajar tingkat kelas dan jurusannya

Untuk lebih jelasnya silahkan download disini panduan untuk operator madrasahnya.

Post a Comment for "Panduan cara login Mengisi Aplikasi Raport Digital, Tahapan pengisiannya serta Username dan Passwordnya"